Selasa, 05 Maret 2013

REKAYASA JALAN RAYA


Tentunya kita tidak asing lagi dengan jalan raya..hampir setiap hari kita pasti melewati jalan raya.pasti kita menjumpai jalan-jalan berlubang dan tidak rata karena kendaraan yang punya berat bersatuan ton,oleh karena itu kita akan membahas tentang teknik perkerasan jalan raya..teknik untuk membuat jalan raya itu menjadi lebih kuat dan kokoh..sehingga direncanakan jalan yang kokoh dan tidak berlubang lagi..


adapun data-data jalan raya:

misalnya kita akan merencanakan tebal perkerasan jalan raya 2 jalur dengan data

umur rencana jalan, UR: 10 TAHUN
jalan akan dibuka tahun 2014
pemabatasan bebas as: 8 ton

setelah dilakukan pengamatan diperoleh volume lalu lintas:

lhr th 2012: 1500  bh kendaraan perhari untuk 2 jurusan
mobil penumpang ,mobil pickup sebanyak 1000
bus yang melintas di jalan raya sebanyak 300 per hari
truck 2 as : 350/hari
truck 3 as : 25/hari
truck 4 as : 50/hari
truck 5 as : 2/hari

bahan perkerasan jalan yang dipakai adalah

aspal beton
water bound macadam
pondasi bawah kelas c
cbr= 3

perhitungan konstruksi jalan asphalt

bus=300
truck 2 as : 350/hari
truck 3 as : 25/hari
truck 4 as : 50/hari
truck 5 as : 2/hari

jumlah kendaraan  berat (bus dan truck) KB: 727 BH
BB: (353/727)X100%= 48.,5 %
B2T: (350/727)X100%=48.1%
B3T: (25/727)X100%=3.4%
B4T:(50/727)X100%= 6.8%
B5T:(2/727)X100%  = 0.2%

MOBIL PENUMPANG= 1000 BH
JUMLAH LHR : 1500 BH
AKB: (727/1500) X100%=48.4%
AKR: (1000/1500)X100%=66.6%
Waktu pelaksanaan pekerjaan jalan raya,n=2 tahun
pertumbuhan lalu lintas jalan raya =8%/tahun

0 komentar:

Poskan Komentar